NIM :
4114101
NAMA : DWI ARMITA SARI
KELAS
: B
Latar Belakang
|
Penggunaan
internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran
informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis
seperti : pemasaran, penjualan dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di internet
cenderung menembus berbagai rintangan, batas bangsa dan tanpa aturan- aturan
yang baku.
Sedangkan
dalam pemasaran konvensional barang mengalir dalam partai- partai besar
melalui pelabuhan laut, kontainer, distributor, lembaga penjamin, importir
dan lembaga bank. Pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat
dibandingkan pemasaran lewat internet. Pemasaran di internet sama dengan direct
marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual,
walaupun penjualnya berada di lain tempat.
|
Tujuan
|
Membahas
mengenai bisnis- bisnis di PT. Indoturbine yang tidak hanya sekedar pada jual
beli barang namun juga mengenai prospek bisnisnya ke depan.
|
Enterprise
Resource Planning
( ERP )
|
Dalam
usaha e- bisnis di PT. Indoturbine perusahaan memanfaatkan 2 divisi yang
saling berkaitan. Divisi yang dimaksud adalah divisi Operation dan divisi
Production.
1. Divisi
Operation : Segala hal yang berkaitan dengan semua pengoperasian di lapangan
baik itu kinerja dan performa mesin, sumber daya alam minyak dan gas yang
dapat dimanfaatkan dalam penjualan dan segala yang berhubungan dengan platform
di PT.
2. Divisi
production : Penjualan minyak dan gas, pengurusan dan pembelian suku cadang,
keuangan dan segala fasilitas yang diperlukan di platform PT.
Indoturbine.
|
Customer Relationship Management (CRM)
|
PT.
Indoturbine juga memiliki CRM dengan pihak konsumen yang dalam hal ini dapat
dilihat di website PT. Indoturbine bagian contact us. Untuk bagian ini
memang hanya beberapa orang yang dapat ditanggapi oleh PT. Indoturbine karena
produk turbin sangat spesifik penggunaannya, sehingga perusahaan sudah
mempunyai contact person yang dapat berhubungan dengannya.
Sistem
ini mulai ditinggalkan karena penggunaan email dirasa lebih cepat dan mudah
dalam mendapatkan jawaban informasi.
|
COLLABORATION
|
Di PT.
Indoturbine kolaborasi perusahaan dengan karyawan maupun perusahaan lainnya
dapat dibagi kedalam 3 macam, seperti:
I. Alat
Komunikasi Elektronik
- Email : xxx@indoturbinept.com
- Faks
- Publikasi web :
www.ptindoturbine.com
II. Alat
Konferensi Elektronik
- Video conference : Digunakan dalam meeting manajemen yang ada di onshore dan offshore
III. Alat
Kegiatan Kerja Sama Manajemen
- Manajemen
tugas dan proyek : digunakan dalam perencanaan man
power
- Berbagi dokumen : Setiap ada hal- hal yang baru
maka akan dilakukan management stand down untuk dipelajari bersama
-
Manajemen Pengetahuan : Sequence system
|
HRM ( Human Resource Management )
|
Internet
telah menjadi pendorong utama untuk perubahan dalam manajemen sumber daya
manusia. Sistem HRM online dapat melibatkan perekrutan karyawan
melalui bagian perekrutan di situs komersial World Wide Web, memasukkan pesan
dalam kelompok berita pilihan di internet serta berkomunikasi dengan para
pencari kerja melalui e- mail. Web yang biasa digunakan oleh PT. Indoturbine
sebagai pemberi kerja kepada pencari kerja adalah petromindo.com dan
jobsdb.com. Situs tersebut penuh dengan laporan, statistik dan informasi HRM
yang berguna.
Selain
internet, intranet juga biasa digunakan oleh PT. Indoturbine sebagai Human
Resource Management. Untuk aplikasi intranet di PT. Indoturbine digunakan
sebagai laporan perjalanan pekerjaan dan biaya, memverifikasi informasi
ketenagakerjaan dan timesheet, mengakses dan memperbaharui informasi
personal karyawan serta memasukkan data yang memiliki batasan waktu seperti
assesmentdan dalam kenaikan gaji.
|
Marketing, Finance dan Pemesanan
Supply Chain Management
( SCM )
|
Produk
Solar Turbine merupakan produk yang hanya tinggal menjalankan saja, oleh
karena itu divisi marketing hanya tinggal menunggu dari pihak konsumen untuk
datang dan membeli produk, jadi tidak
memerlukan
pemasaran yang agresif.
Setiap
konsumen yang sudah datang akan diarahkan kepada divisi pemesanan (
procurement ) mengenai data- data barang yang dibutuhkan.
Berikut
adalah beberapa supplier dari rantai pasok Indoturbine:
1.
ITT Barton, Rosemount, Fisher ( Instrumentasi )
2.
Petrotech ( Control System )
3.
Ekanuri, Pelita ( Transportasi )
4.
Indocater ( Makanan )
5.
Alfa Karsa Persada ( Logistik )
|
Kelebihan dalam E- Bisnis di Indonesia
Hambatan dalam E- Bisnis di Indonesia
|
Berikut adalah
beberapa kelebihan dalam melakukan e- bisnis :
1. Mobilitas
tinggi : Selama memiliki koneksi Internet, kita dapat mengoperasikan bisnis
ini dari belahan bumi manapun.
2. Fleksibel :
Kita bisa mengatur jadwal kerja secara bebas sesuai dengan kebutuhan, tanpa
dipusingkan dengan beban kerja. Aturan utama yang mengikat kita hanyalah
komitmen kita untuk melayani konsumen. Di sini tidak ada yang mengawasi cara
kerja kita. Kita adalah BOS untuk diri sendiri. jadi, semua keputusan ada di
tangan Anda.
3. Modal kecil :
Bisnis online ini tetap saja memerlukan modal, tapi dengan skala yang jauh
lebih kecil.
4. Bisa
Dijalankan Secara Otomatis : Sekali kita sudah menguasai apa yang harus
dilakukan setiap hari, kita bisa membuat sebuah sistem sehingga tidak perlu
melakukan hal yang sama berulang-ulang setiap hari. Kehebatan Internet adalah
bahwa kita bisa melakukan hampir semua pekerjaan secara otomatis.
5. Minim Biaya
Rutin : Tidak banyak biaya rutin yang harus kita keluarkan untuk bisnis
online ini. Bahkan untuk jenis bisnis tertentu, biaya rutin itu hanya sekadar
untuk biaya hosting dan biaya domain saja.
6. Tak Perlu Ahli
: Siapapun dengan latar belakang apapun bisa menjalankan bisnis online ini
dengan syarat, mau mempelajari skill atau keterampilan yang diperlukan. Tentu
saja kita harus memiliki mindset yang benar sebelum memulai bisnis ini.
7. Potensi
Penghasilan Sangat Besar : Kita bisa dibayar dalam dolar. Seperti yang telah
disebutkan di atas bahwa Internet adalah global, maka pembeli atau pelanggan
kita pun bisa berasal dari berbagai pelosok dunia. Apatagi kalau situs web
kita menggunakan atau menjual produk berbahasa Inggris atau bahasa lainnya,
maka pasar kita pun akan terbuka sangat besar
8. Tidak Perlu
Bea Masuk : Selama produk kita berupa informasi atau digital, dimana bisa
dikirimkan lewat Internet atau di download, maka kita tidak dikenakan bea
masuk.
Berikut adalah
beberapa hambatan dalam melakukan e- bisnis di Indonesia :
1. Terbatasnya
sambungan Internet broadband, baik berbasis DR/ ADSL dan fiber optic.
2. Kurang adanya
kepercayaan terhadap pembayaran elektronik via Internet dengan kartu kredit
yang dikeluarkan bank lokal Indonesia.
3. Kurang adanya
sarana penunjang bisnis Internet, seperti layanan “pembayaran antara” untuk
COD (Cosh on Delivery) dan layanan antar barang.
4. Masih
rendahnya kepercayaan masyarakat kepada web shop, yang selaras dengan masih
kuatnya pasar tradisional. Rendahnya kepercayaan masyarakat ini juga didukung
oleh kurang bisa dipercayanya pelaku web shop dalam berbisnis di Internet.
5. Minimnya
propaganda berbisnis melalui Internet oleh pakar IT maupun netpreneur/pelaku
bisnis di Internet.
6. Belum adanya
dukungan pemerintah atau lembaga terkait dalam hal kebijakan dan regulasi.
Dari
beberapa penjabaran di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan e-bisnis
di PT. Indoturbine sudah termasuk baik dalam melakukan bisnisnya, sehingga
semua proses bisnis dapat berjalan dengan lancar baik mulai dari para
pemasok, karyawan sampai kepada konsumen. Perusahaan ini yang bergerak di
bidang minyak dan gas ini memerlukan beberapa informasi yang sangat akurat
dalam menjalankan usahanya karena menyangkut hal- hal yang berhubungan dengan
orang banyak namun jumlahnya sangat terbatas.
PT.
Indoturbine adalah salah satu dari perusahaan yang pemegang saham saham
terbesarnya adalah asing. Namun sering pula kita lihat dalam perusahaan yang
sedang berkembang memiliki beberapa kendala dalam mengembangkan ebisnis
karena keterbatasan modal. Oleh karena itu peran penting pemerintah sangat
diperlukan dalam mengembangkan usaha e- bisnis.
|
Kesimpulan
|
0 komentar:
Posting Komentar